FEATURE: Unik, Es Kelapa Jelly Bulan Ramadhan Jadi Buruan Warga Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 01 April 2023

FEATURE: Unik, Es Kelapa Jelly Bulan Ramadhan Jadi Buruan Warga Banjarmasin

Berbeda dari olahan kelapa muda biasanya, di tangan warga Banjarmasin bernama Soraya ini buah kelapa ia buat menjadi menu kekinian es kelapa jelly. Rasanya yang manis dan gurih sehingga cocok menjadi andalan pelengkap menu buka puasa.

Maya Andriani, Banjarmasin | BeritaBanjarmasin.com

Soraya mengungkapkan pembuatan es kelapa jelly ini baru saja ia rintis, sejak 12 tahun yang lalu ia melakoni usaha parcel. Karena sekarang bahan-bahan parcel menurutnya pada naik maka ia mensiasati membuka usaha baru.

Oleh karena itu, dirinya mulai terpikir untuk membuat olahan rumahan dengan mengubah minuman kelapa menjadi nuansa yang baru dan kekinian sehingga bisa disukai warga Banjarmasin. Menurutnya ini juga berawal dari kesukaannya dengan buah kelapa dan minuman yang segar. 

Soraya mulai mencoba peruntungan usaha es kelapa jelly di Bulan Ramadhan dengan brand yang ia beri nama Caca de Coco yang beralamat di Toko Mom's Cafe Jalan Cemara Raya Banjarmasin.

"Alhamdulillah, pas hari kedua Ramadhan saya mulai jualan semakin hari semakin meningkat dan ada saja pesanan," paparnya.

Seperti dihidangkan untuk acara buka puasa bersama serta pengajian, es kelapa jelly Soraya laris manis diburu pembeli. Ia mengatakan karena bahan-bahan yang digunakan harus selalu fresh maka setiap hari pula diproduksi.

Dalam sehari ia bisa memproduksi 25 hingga 50 kelapa muda dan tambahannya tergantung pesanan dan pasti habis dalam hari itu juga. "Kalau ada sisa dari produksi, saya jual di depan halaman cafe," ucapnya.

Es kelapa jelly ini memiliki dua varian yang pertama rasa original (isi jelly saja) dan kedua rasa buah-buahan (mix fruit) yang dibandrol dengan harga Rp25 ribu per buahnya.

Dalam proses pembuatannya, pertama-tama sipkan buah kelapa dikupas dan dikeruk isinya lalu dipisah untuk diambil batok kelapanya saja. Kemudian air kelapa diambil dan dimasak dengan jelly powder.

Setelah matang, dituangkan ke dalam batok kelapa dan didiamkan sementara waktu hingga mengeras kemudian dicampur dengan berbagai aneka buah seperti semangka, jeruk, anggur, kiwi dan kembali disiram dengan rebusan air kelapa jelly powder tadi dan ditambahkan selasih diatasnya. 

Proses akhir selanjutnya batok kelapa yang sudah diisi tadi kemudian dipacking dengan rapi. Lalu dimasukkan dalam mesin pendingin sebelum dijual kepada pembeli. Bisa juga menambahkan susu dan sirup serta sendok dan sedotan sebagai pelengkapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner